1.27.2009

Balada Hafizurrahman


Ingin tertawa dan sedih juga rasanya mendengar jawaban ponakanku yang berumur 4 taon. Saat ditanya tentang cita-citanya ketika besar nanti, dengan polos dia menjawab.
“ Jadi pengembala.” Dengan exspresi lucu namun tak ada wajah canda ketika dia menjawabnya, serius dan jujur.
Sedikit bercerita, namanya Hafizurrahman umurnya empat tahun. Baru aja masuk TK. Dia memang sangat suka mengembala sapi, makanya dia dibelikan sapi oleh abah nya. Nih anak memang kebangetan, tidak tidur siang, berpanas-panas di bawah terik matahari demi menjaga sapinya. Kalau dia tidak melihat sapinya dalam satu hari maka tangisnya akan memecah rumah.


Dan aku sedikit tergelak ketika idul qurban dulu, saat sapinya mau dijual untuk dijadikan qurban, dia marah. Namun setelah dibujuk dan dijanji akan dibelikan sapi lagi, maka diapun diam dan turut kata abahnya.
Pagi sekali dia sudah berangkat ke sekolahnya, dengan menenteng tas dan bekalnya diapun melenggang keluar rumah. Tidak biasanya seperti itu, sebelumnya dia harus dipaksa untuk ke sekolah, tahu alasannya apa? Karena member makan sapinya. Namun hari ini sapinya sudah dijadikan hewan qurban, bahkan dia yang paling banyak makan dagingnya.
Senang melihatnya ke sekolah tanpa harus dipaksa, tapi sampai jam sebelas dia belum juga pulang, padahal kan jam pulang untuk anak TK itu jam sepuluh. Wah ada yang tidak beres nih, maka aku segera menyusulnya di sekolah, dan di sekolah dia juga tidak ada. Sekolah sudah kosong. Kemana anak itu yah?
Terdengar suara ribut tidak jauh dari sekolah itu, dan ketika aku menoleh mataku mendapati sosok manusia yang tidak pake baju, dam sedang member makan seekor kambing. Anak itu begitu riang, tertawa terbahak, tertawa lepas bersama beberapa temannya.
Dan ternyata hari ini dia tidak masuk sekolah karena kambing tadi, setengan mati gurunya membujuk namun dia tetap ogah. Saat ditanya dia menjawab
“ Nabi Muhammad kan juga pengembala.”
Aku merasa geli karena terpingkal2.


0 komentar:

Posting Komentar

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template